Analisis Penerapan Sistem Informasi Terpadu Pada Pelayanan Rawat Jalan (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Dr. Sayidiman Kabupaten Magetan)

PERMATASARI, RATIH PUPUT (2012) Analisis Penerapan Sistem Informasi Terpadu Pada Pelayanan Rawat Jalan (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Dr. Sayidiman Kabupaten Magetan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (475kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (187kB)

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang semakin pesat di rumah sakit manyebabkan semakin banyak pula aspek kegiatan rumah sakit yang bergantung kepada TI. Fungsi-fungsi layanan yang disediakan rumah sakit pun semakin beragam. Oleh karena itu TI kini bukan saja hanya dimiliki, dipakai, dan dimanfaatkan oleh kalangan rumah sakit tertentu, namun lebih meluas kepada banyak rumah sakit termasuk Rumah Sakit Umum Daerah dr. Sayidiman Kabupaten Magetan. Teknologi informasi yang dibutuhkan dibentuk dalam suatu Sistem Informasi Rumah Sakit Terpadu (SIRST). Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Sistem Informasi Terpadu pada pelayanan rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Sayidiman Kabupaten Magetan. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dimana peneliti menggunakan kuisioner atau wawancara langsung kepada responden yang berkaitan dengan Penerapan Sistem Informasi Terpadu Pelayanan Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Daerah dr. Sayidiman Kabupaten Magetan. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Sayidiman Kabupaten Magetan, tahun 2011 pada bidang Instalasi Pelayanan Rawat Jalan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan analisis sistem dan analisis desain sistem. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi terpadu pada pelayanan rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Sayidiman Kabupaten Magetan pada dasarnya telah berjalan dengan baik, namun demikian ada beberapa hal yang masih perlu disempurnakan untuk meminimalkan permasalahan yang muncul. Hal ini telah dilakukan dengan melakukan koordinasi dengan pihak pembuat sofware yaitu PT. Nurcahaya Gemilang guna perbaikan dan pemeliharaan sistem agar dapat meningkatkan kinerja rumah sakit secara umum. Dalam rangka mengatasi mengantisipasi permasalah yang muncul diperlukan pelatihan bagi pegawai yang terlibat langsung dengan implementasi sistem ini. Tahapan –tahapan yang harus dilalui oleh karyawan diberikan pelatihan (training) juga diberikan kepada semua pihak yang terlibat sebelum tahap implementasi dimulai. Agar untuk mengurangi risiko kegagalan, pemberian pelatihan juga berguna untuk menanamkan rasa memiliki terhadap sistem baru yang akan diterapkan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sistem informasi terpadu, pelayanan rawat jalan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 18 Sep 2012 10:29
Last Modified: 18 Sep 2012 10:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20041

Actions (login required)

View Item View Item