Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Angka Melalui Permainan Balok Angka Bersusun Pada Kelompok A Tk Kenari Ii Dragan

PURWANTI, PURWANTI (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Angka Melalui Permainan Balok Angka Bersusun Pada Kelompok A Tk Kenari Ii Dragan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab 2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab 3)
05.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab 4)
06.BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab 5)
07.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (naskah Publikasi)
10._naskah_publikasi.pdf

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kognitif dalam mengenal angka bersusun pada anak kelompok A TK Kenari II Dragan yang berjumlah 17 anak. Pelaksanan tindakan adalah peneliti, sedangkan guru bertindak sebagai kolaborator. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi yang berupa foto guru dan peserta didik selama kegiatan pelaksanaan penelitian berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka melalui permainan balok angka bersusun. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan tindakan penelitian, sebelum tindakan kemampuan rata-rata anak dalam mengenal angka sampai dengan 5 sebesar 46%, siklus I sebesar 65,7%, siklus II sebesar 70%, dan pada siklus III meningkat menjadi 77%. Dengan demikian, melalui permainan balok angka bersusun dapat meningkat kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambing bilangan pada anak kelompok A TK kenari II Boyolali tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan kognitif, pengenalan angka, balok angka bersusun.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 17 Sep 2012 11:28
Last Modified: 17 Sep 2012 11:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19997

Actions (login required)

View Item View Item