Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Flashcard Pada Kelompok B Tk Satu Atap Sd Karangasem Tahun Pelajaran 2011/2012

SUPARMI, SUPARMI (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Flashcard Pada Kelompok B Tk Satu Atap Sd Karangasem Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (922kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Satu Atap SD Karangasem tahun pelajaran 2011/2012 . Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru dan kepala sekolah. Subjek penelitian berjumlah 20 anak. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak usia kelompok B TK Satu Atap SD Karangasem tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini terbukti Sebelum dilaksanakan penelitian tindakan Kelas rata rata kemampuan membaca permulaan anak sebesar 47,85%. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menggunakan permainan flashcard dalam proses pembelajaran, kemampuan membaca permulaan anak mengalami peningkatan pada setiap siklus . Siklus I rata-rata kemampuan membaca anak menjadi 61,78%, siklus II meningkat menjadi 74,1% dan pada siklus III menjadi 85,71%. Hasil penelitian tindakan kelas tersebut sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa melalui permainan flashcard dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelompok B TK Satu Atap SD Karangasem Kecamatan Andong tahun pelajaran 2011/2012 terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Oleh karena itu, para guru dan praktisi pendidikan anak usia dini sebaiknya mengajarkan membaca dengan metode yang sesuai prinsip PAUD, memberikan stimulasi membaca yang memperhatikan faktor-faktor perkembangan anak dan dikemas secara menyenangkan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan flashcard, membaca permulaan, anak-anak, taman kanak-kanak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 17 Sep 2012 11:21
Last Modified: 17 Sep 2012 11:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19995

Actions (login required)

View Item View Item