Upaya Peningkatan Kemampuan Menyebutkan Simbol-Simbol Huruf Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok A Tk Aisyiyah I Pandeyan Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011 / 2012

S U J I N E M, S U J I N E M (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Menyebutkan Simbol-Simbol Huruf Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok A Tk Aisyiyah I Pandeyan Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (699kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyebutkan simbol-simbol huruf melalui permainan kartu huruf. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A TK Aisyiyah I Pandeyan berjumlah 25 anak . Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data yang dikumpulkan melalui observasi yaitu dengan lembar observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan menyebutkan simbol-simbol huruf di kelompok A TK Aisyiyah I Pandeyan. Sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas yaitu anak dapat menyebutkan simbol-simbol huruf sebesar 43%. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menggunakan metode permainan kartu huruf pada proses pembelajaran meningkatkan kemampuan menyebutkan simbol-simbol huruf diperoleh hasil yaitu Siklus I menjadi 64%, Siklus II meningkat menjadi 73% dan Siklus III meningkat menjadi 84%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menggunakan permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan menyebutkan simbol-simbol huruf pada TK Aisyiyah I Pandeyan tahun pelajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: permainan kartu huruf, menyebutkan simbol-simbol huruf
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 17 Sep 2012 11:12
Last Modified: 17 Sep 2012 11:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19993

Actions (login required)

View Item View Item