Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Jawa Melalui Lagu Dolanan Pada Anak Tk B Di B.A Aisyiyah Jati, Mulur, Sukoharjo Tahun 2011/2012

HARTANTI , DIAH WAHYU (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Jawa Melalui Lagu Dolanan Pada Anak Tk B Di B.A Aisyiyah Jati, Mulur, Sukoharjo Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jawa melalui Lagu Dolanan pada kelompok B di B.A Aisyiyah Jati Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B B.A Aisyiyah Jati Tahun Ajaran 2011/2012 sejumlah 36 anak. Data variabel meliputi data kemampuan berbahasa Jawa dan data pelaksanaan melalui Lagu Dolanan. Data kemampuan berbahasa dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan pelaksanaan Lagu Dolanan bisa dikumpulkan melalui observasi yang berupa checklist. Data kemampuan dianalisis menggunakan analisis komparatif dan data pelaksanaan Lagu Dolanan dianalisis menggunakan analisis interaktif. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase kemampuan berbahasa Jawa dari prasiklus sampai dengan siklus III, yakni rata-rata kemampuan berbahasa Jawa anak pada prasiklus 52,08%, pada siklus I mencapai 69,53%, pada siklus II mencapai 80,72%, dan pada siklus III mencapai 88,28%. Dengan demikian upaya meningkatkan kemampuan berbahasa Jawa melalui Lagu Dolanan pada anak TK B di BA Aisyiyah Jati, Mulur, Bendosari, Sukoharjo Tahun 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berbahasa Jawa, Lagu Dolanan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 14 Sep 2012 11:32
Last Modified: 13 Sep 2013 06:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19965

Actions (login required)

View Item View Item