Upaya Peningkatan Minat Baca Melalui Metode Bercerita Story Book Reading Pada Anak Kelompok B Tk Karang Indriya Karangasem Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

FITRIANI , ERNA (2012) Upaya Peningkatan Minat Baca Melalui Metode Bercerita Story Book Reading Pada Anak Kelompok B Tk Karang Indriya Karangasem Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Minat Baca anak di TK Karang Indriya rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Untuk mengatasinya peneliti mengimplementasikan metode bercerita Story Book Reading. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Minat Baca anak melalui metode bercerita Story Book Reading. Penelitian ini dirancang dengan penelitian tindakan kelas (PTK) yang setiap siklusnya terdiri dari “perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data (observing), refleksi (reflecting)". Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah anak dan guru TK Karang Indriya Karangasem Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat baca melalui metode bercerita Story Book Reading. Berdasarkan hasil penelitian tindakan diketahui bahwa terjadi peningkatan minat baca dengan penerapan metode bercerita Story Book Reading. "Pada siklus I peningkatan mencapai 18,37% dan diperoleh rata-rata penilaian anak dalam peningkatan minat baca sebesar 59%" Pada siklus II peningkatan mencapai 18,25% dan diperoleh rata-rata penilaian sebesar 77,25%". Hal ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil peningkatan minat baca anak dalam satu kelas sebelum tindakan adalah 40,63%, Siklus I mencapai 59%, Siklus II mencapai 77,25%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode bercerita Story Book Reading dapat meningkatkan minat baca anak Kelompok B yang dilakukan di TK Karang Indriya Karangasem Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat baca, metode bercerita story book reading
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 14 Sep 2012 10:40
Last Modified: 19 Sep 2012 12:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19959

Actions (login required)

View Item View Item