Pengaruh Partisipasi Masyarakat, Transparansi Kebijakan Publik, Akuntabilitas Publik Dan Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran Terhadap Penyusunan Apbd (Studi Empiris Pada Dprd Kota Surakarta Jawa Tengah)

Kurniawan , Arief (2012) Pengaruh Partisipasi Masyarakat, Transparansi Kebijakan Publik, Akuntabilitas Publik Dan Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran Terhadap Penyusunan Apbd (Studi Empiris Pada Dprd Kota Surakarta Jawa Tengah). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (824kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (133kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img]
Preview
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf

Download (203kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Nakah publikasi)
2._Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (259kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuktikan pengaruh partisipasi masyarakat, transparansi kebijakan publik, akuntabilitas publik dan pengetahuan dewan tentang anggaran terhadap penyusunan APBD. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota DPRD Kota Surakarta periode 2009-2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampling jenuh yaitu teknik pengambilan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel penelitian ini berjumlah 40 responden. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel partisipasi masyarakat mempunyai pengaruh yang positif terhadap penyusunan APBD. Hal ini dapat ditunjukan dari nilai signifikan uji t sebesar 0,001 (p <0,05). Variabel transparansi kebijakan publik mempunyai pengaruh yang positif terhadap penyusunan APBD, yang dapat ditunjukan dari nilai signifikan uji t sebesar 0,026 (p <0,05). Variabel akuntabilitas publik mempunyai pengaruh yang positif terhadap penyusunan APBD, yang dapat ditunjukan dari nilai signifikan uji t sebesar 0,019 (p <0,05). Sedangkan variabel pengetahuan dewan tentang anggaran juga mempunyai pengaruh yang positif terhadap penyusunan APBD, yang dapat ditunjukan dari nilai signifikan uji t sebesar 0,021 (p <0,05). Dan hasil pengujian terhadap variabel partisipasi masyarakat, transparansi kebijakan publik, akuntabilitas dan pengetahuan dewan tentang anggaran berpengaruh secara bersama-sama terhadap penyusunan APBD ditunjukan nilai F sebesar 10,566 atau Fhitung > Ftable =2,84. .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penyusunan APBD, Partisipasi masyarakat, Transparansi kebijakan publik, akuntabilitas publik, Pengetahuan dewan tentang anggaran
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 13 Sep 2012 11:05
Last Modified: 13 Sep 2012 11:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19942

Actions (login required)

View Item View Item