Kegiatan Outbound Sebagai Penanaman Rasa Percaya Diri Anak Tunanetra Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus Di SLB/A-YKAB Surakarta Kecamatan Jebres Kota Surakarta)

Musyafi’ah, Marlinda (2012) Kegiatan Outbound Sebagai Penanaman Rasa Percaya Diri Anak Tunanetra Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus Di SLB/A-YKAB Surakarta Kecamatan Jebres Kota Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan rasa percaya diri pada anak tunanetra usia 5-6 tahun dengan kegiatan outbound. Penelitian dilakukan pada anak tuna netra usia 5-6 tahun di SLB/A-YKAB Surakarta. Subyek penelitian ini adalah 3 anak tuna netra usia 5-6 tahun di SLB/A-YKAB Surakarta. Penelitian ini dirancang dengan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sedangkan jenis metode yang digunakan adalah studi kasus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan kegiatan outbound anak tuna netra dapat menanamkan rasa percaya dirinya sejak dini. Dengan kepercayaan diri yang anak miliki maka anak tuna netra dapat melakukan kegiatan outbound.Kegiata outbound yang dilakukan adalah merayap dibawah jaring-jaring, berjalan diatas papan titian, berjalan mengikuti garis zig-zag dan naik turun tangga. Anak tuna netra dapat melakukan kegiatan outbound dengan baik meskipun masih membutuhkan bantuan saat melakukan kegiatan outbound.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan diri, anak tuna netra, kegiatan outbound
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 13 Sep 2012 09:55
Last Modified: 13 Sep 2012 09:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19938

Actions (login required)

View Item View Item