Anggarani, Novita Kusuma (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Encrak Pada Anak Kelompok B Di Tk Pertiwi Ii Keden Kalijambe Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN )
03._Halaman_Depan.pdf Download (604kB) |
|
|
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf Download (71kB) |
|
PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (BAB IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
PDF (BAB V)
09._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA )
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (LAMPIRAN )
11._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (505kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan encrak pada anak kelompok B di TK Pertiwi II Keden, Kalijambe, Sragen tahun ajaran 2011-2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian adalah PTK. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi II Keden, Kalijambe, Sragen tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 23 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 16 anak perempuan. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang digunakan adalah perbandingan prosentase siswa melalui siklus-siklus. Berdasarkan hasil perhitungan tiap siklus tentang kemampuan motorik kasar anak melalui permainan encrak diperoleh hasil pada prasiklus 43,5% (4 siswa dapat beraktifitas tanpa bantuan guru , 6 siswa dapat beraktifitas dengan bantuan guru dan 13 anak pasif sehingga dapat disimpulkan 10 siswa yang tuntas), siklus I 78,3% (10 siswa dapat beraktifitas tanpa bantuan guru, 8 siswa dapat beraktifitas dengan bantuan guru dan 5 anak pasif sehingga dapat disimpulkan 18 siswa yang tuntas), siklus II 91,3% (15 siswa dapat beraktifitas tanpa bantuan guru, 6 siswa dapat beraktifitas dengan bantuan guru dan 2 anak pasif sehingga dapat disimpulkan 21 siswa yang tuntas). Dengan demikian upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan encrak pada anak kelompok B di TK Pertiwi II Keden tahun ajaran 2011/ 2012 dikatakan berhasil karena keberhasilan yang ditargetkan 80% ternyata pada siklus II sudah melebihi dari target yaitu 91,3%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motorik Kasar, Permainan Encrak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 13 Sep 2012 08:58 |
Last Modified: | 13 Sep 2012 09:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19933 |
Actions (login required)
View Item |