Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Encrak Pada Anak Kelompok B Di Tk Pertiwi Ii Keden Kalijambe Sragen Tahun Ajaran 2011/2012

Anggarani, Novita Kusuma (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Encrak Pada Anak Kelompok B Di Tk Pertiwi Ii Keden Kalijambe Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN )
03._Halaman_Depan.pdf

Download (604kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (BAB IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (BAB V)
09._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA )
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (LAMPIRAN )
11._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (505kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan encrak pada anak kelompok B di TK Pertiwi II Keden, Kalijambe, Sragen tahun ajaran 2011-2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian adalah PTK. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi II Keden, Kalijambe, Sragen tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 23 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 16 anak perempuan. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang digunakan adalah perbandingan prosentase siswa melalui siklus-siklus. Berdasarkan hasil perhitungan tiap siklus tentang kemampuan motorik kasar anak melalui permainan encrak diperoleh hasil pada prasiklus 43,5% (4 siswa dapat beraktifitas tanpa bantuan guru , 6 siswa dapat beraktifitas dengan bantuan guru dan 13 anak pasif sehingga dapat disimpulkan 10 siswa yang tuntas), siklus I 78,3% (10 siswa dapat beraktifitas tanpa bantuan guru, 8 siswa dapat beraktifitas dengan bantuan guru dan 5 anak pasif sehingga dapat disimpulkan 18 siswa yang tuntas), siklus II 91,3% (15 siswa dapat beraktifitas tanpa bantuan guru, 6 siswa dapat beraktifitas dengan bantuan guru dan 2 anak pasif sehingga dapat disimpulkan 21 siswa yang tuntas). Dengan demikian upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan encrak pada anak kelompok B di TK Pertiwi II Keden tahun ajaran 2011/ 2012 dikatakan berhasil karena keberhasilan yang ditargetkan 80% ternyata pada siklus II sudah melebihi dari target yaitu 91,3%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motorik Kasar, Permainan Encrak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2012 08:58
Last Modified: 13 Sep 2012 09:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19933

Actions (login required)

View Item View Item