Upaya Peningkatan Kecerdasan Emosi Melalui Permainan Puzzle Kelompok B Di Tk Aisyiyah Cabang Kartasura Tahun Ajaran 2011-2012

Octaviawati , Clarinta Setyo (2012) Upaya Peningkatan Kecerdasan Emosi Melalui Permainan Puzzle Kelompok B Di Tk Aisyiyah Cabang Kartasura Tahun Ajaran 2011-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN )
COVER.pdf

Download (294kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (LAMPIRAN )
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (260kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan emosi melalui permainan puzzle pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Cabang Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi (Pengamatan), refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif yaitu membandingkan data umum dengan data umum yang lain, dan kemudian secara tetap membandingkan kategori dengan kategori yang lainnya. Berdasarkan hasil perhitungan tiap siklus tentang peningkatan kecerdasan emosi melalui permainan puzzle diperoleh hasil pada prasiklus 18,7%, siklus I 45,1%, siklus II 66,7% dan siklus III 78,2%. Dengan demikian upaya peningkatan kecerdasan emosi melalui permainan puzzle pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Cabang Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2011/ 2012 dikatakan berhasil karena keberhasilan yang ditargetkan 75% ternyata pada siklus III sudah melebihi dari target yaitu 78,2%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosi, Permainan Puzzle
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2012 04:16
Last Modified: 18 Sep 2012 04:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19927

Actions (login required)

View Item View Item