Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips Melalui Penerapan Metode Index Card Match Dengan Mengoptimalkan Media Power Point Pada Siswa Kelas VA SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Mulyo, Prakoso Wiwit (2012) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips Melalui Penerapan Metode Index Card Match Dengan Mengoptimalkan Media Power Point Pada Siswa Kelas VA SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (413kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (453kB)

Abstract

Latar belakang dari penulisan skripsi ini adalah karena rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas VA SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui metode index card match dengan mengoptimalkan media power point pada siswa kelas VA SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakaan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui metode Index Card Match dengan mengoptimalkan media power point. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar kelas VA SD Muhammadiyah 10 Tipes, Surakarta. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata presentase aktivitas sebelum tindakan 29,46% setelah tindakan siklus I terjadi peningkatan menjadi 49,99% dan siklus II adalah 79,46%. Peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai daya serap ≥70 sebelum tindakan 39,28% setelah tindakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 64,28% dan siklus II adalah 82,14%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, hasil belajar, metode index card match, media power point
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Sep 2012 11:26
Last Modified: 12 Sep 2012 11:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19908

Actions (login required)

View Item View Item