Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Media Science Education Quality Improvement Project (Seqip) Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Bonagung I

RAIS , AFFIRUDIN AMIN (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Media Science Education Quality Improvement Project (Seqip) Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Bonagung I. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
02.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03.BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab IV)
06.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
11.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar IPA yang masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan media Science Education Quality Improvement Project (SEQIP) dalam pembelajaran IPA. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Bonagung I yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar pada siswa kelas V SDN Bonagung I. Penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 32,5% dari pra siklus dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 25% dari siklus I. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata kelas 58,87 dengan persentase ketuntasan sebesar 25%, siklus I nilai rata-rata kelas 65,37 dengan persentase ketuntasan sebesar 57,5% dan pada siklus II rata-rata kelas 73,87 dengan persentase ketuntasan sebesar 82,5%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar melalui penggunaan media Science Education Quality Improvement Project (SEQIP) dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Bonagung I.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media Science Education Quality Improvement Project (SEQIP) dan motivasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2012 11:12
Last Modified: 12 Sep 2012 11:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19906

Actions (login required)

View Item View Item