Pengaruh Independensi, Due Professional Care Dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Profesi Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Auditor Kantor Akuntan Publik Di Wilayah Surakarta Dan Yogyakarta)

Widyanto, Aris (2012) Pengaruh Independensi, Due Professional Care Dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Profesi Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Auditor Kantor Akuntan Publik Di Wilayah Surakarta Dan Yogyakarta). Skripsi thesis, Univesitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (206kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img]
Preview
PDF (NAskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (791kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Peningkatan independensi, due professional care dan akuntabilitas serta didukung dengan perilaku yang menjujung tinggi etika profesi maka akan dicapai audit yang berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memengetahui pengaruh independensi, due professional care dan akuntabilitas terhadap kualitas audit dengan etika profesi sebagai variabel moderating pada auditor di wilayah Surakarta dan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuestioner. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di kantor akuntan publik di wilayah Surakarta dan Yogyakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 55 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Independensi berpengaruh terhadap kualitas audit dan H1a terdukung secara statistik, dengan pengujian pada taraf signifikansi 0,000 <  = 0,05. (2) Due professional care berpengaruh terhadap kualitas audit dan H1b terdukung secara statistik, dengan pengujian pada taraf signifikansi 0,000 <  = 0,05. (3) Akuntabilitas berpengaruh terhadap kualitas audit dan H1c terdukung secara statistik dengan pengujian pada taraf signifikansi 0,000 <  = 0,05. Hubungan langsung masing-masing variabel independensi, due professional care dan akuntabilitas menunjukkan pengaruh yang signifikan secara statistik terhadap kualitas audit. (4) Interaksi independensi dan etika profesi berpengaruh terhadap kualitas audit dan H2 terdukung secara statistik, dengan pengujian pada taraf signifikansi 0,028 <  = 0,05. (5) Interaksi due professional care dan etika profesi tidak berpengaruh terhadap kualitas audit dan H3 tidak terdukung secara statistik, dengan pengujian pada taraf signifikansi 0,417 >  = 0,05. (6) Interaksi akuntabilitas dan etika profesi tidak berpengaruh terhadap kualitas audit dan H4 tidak terdukung secara statistik, dengan pengujian pada taraf signifikansi 0,556 >  = 0,05. Namun due professional care dan akuntabilitas berpengaruh terhadap kualitas audit dan memperkuat hubungan etika profesi dengan kualitas audit. Dengan due professional care dan akuntabilitas yang didukung dengan etika profesi maka kualitas audit akan meningkat, meskipun tidak signifikan secara statistik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: independensi, due professional care, akuntabilitas, etika profesi,kualitas audit.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 12 Sep 2012 11:03
Last Modified: 12 Sep 2012 11:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19904

Actions (login required)

View Item View Item