Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Arisan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 03 Munggur Tahun 2011/2012

PRASSETYO, FAJAR DWI (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Arisan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 03 Munggur Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (632kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (263kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan pada siswa kelas V SD Negeri 03 Munggur. Subyek penelitian guru dan siswa kelas V SD Negeri 03 Munggur yang berjumlah 25 siswa, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara analisa interaktif dengan langkah - langkah : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase hasil belajar siswa dari pra siklus sampai siklus tiga. Sebelum dilaksanakan tindakan terdapat 48 % siswa atau 12 siswa yang mencapai KKM. Mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan I siswa yang mencapai KKM 13 siswa atau 52 %,pada pertemuan II jumlah siswa yang mencapai KKM 17 siswa atau 68 %, pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 18 siswa atau 72 %, Pada siklus III jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 21 atau 84 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 03 Munggur tahun 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kartu arisan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2012 11:03
Last Modified: 12 Sep 2012 12:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19902

Actions (login required)

View Item View Item