Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia) Periode 2009-2010

Nugroho, Indra Dian (2012) Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia) Periode 2009-2010. Skripsi thesis, Univesitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (361kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (LAmpiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan (size), leverage, kepemilikan manajemen, ukuran dewan komisaris dan tipe industri terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2010. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (www.idx.ac.id) dan Indonesian Capital Market Directory pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2009-2010. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan, sehingga diperoleh sampel sebanyak 24 perusahaan, dengan dua tahun pengamatan jadi total sampel pengamatan sebanyak 48. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan (size), leverage, kepemilikan manajemen, ukuran dewan komisaris dan tipe industri berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Pada pengujian secara parsial menunjukkan bahwa ukuran perusahaan (size), ukuran dewan komisaris dan tipe industri berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, sedangkan profitabilitas, leverage dan kepemilikan manajemen tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Hasil analisis regresi menunjukkan nilai Adjusted R2 sebesar 0,325 atau 32,5%, artinya variabel independen dapat menjelaskan variasi luas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sebesar 32,5%, sisanya 67,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: (corporate socialresponsibility), profitabilitas, ukuran perusahaan (size), leverage,
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 12 Sep 2012 10:36
Last Modified: 12 Sep 2012 10:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19895

Actions (login required)

View Item View Item