Perdana, Putra Wahyu (2012) Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) Pada Siswa Kelas Va SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (740kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (151kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (812kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (262kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada siswa kelas Va SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas Va SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian yang diteliti adalah hasil belajar PKn siswa kelas Va SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk triangulasi metode dan triangulasi sumber. Prosedur penelitian meliputi tahap: perencanaan tindakan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada siswa kelas Va SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Adapun peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari perolehan nilai siswa yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada pelaksanaan siklus I pertemuan 1 siswa yang mengalami ketuntasan belajar adalah 16 siswa dari 28 siswa yang hadir (57,14%). Pada pelaksanaan siklus I pertemuan 2 siswa yang mengalami ketuntasan belajar adalah 17 siswa dari 28 siswa yang hadir (60,71%). Pada pelaksanaan siklus II siswa yang mengalami ketuntasan belajar adalah 23 siswa dari 28 siswa yang hadir (82,14%). Hal ini membuktikan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas Va SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 12 Sep 2012 09:52 |
Last Modified: | 12 Sep 2012 09:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19889 |
Actions (login required)
View Item |