Studi Komparasi Metode Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Dan Konsiderasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn Pada Siswa Kelas V SD Negeri Trangsan 03 Gatak Tahun Ajaran 2011/2012

Hapsari, Yolanda Rossey (2012) Studi Komparasi Metode Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Dan Konsiderasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn Pada Siswa Kelas V SD Negeri Trangsan 03 Gatak Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (547kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (398kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada perbedaan antara penerapan metode Value Clarification Technique (VCT) dengan metode Konsiderasi terhadap hasil belajar PKn dan apakah hasil belajar PKn melalui penerapan metode Value Clarification Tehnique ( VCT ) lebih baik dibandingkan dengan penerapan metode Konsiderasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Trangsan 03 Gatak Sukoharjo. Kelas VA berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran dengan metode Value Clarification Tehnique ( VCT ) dan kelas VB berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan metode Konsiderasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar dan dokumentasi. Untuk uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas tes. Teknik uji prasyarat data analisis menggunakan uji normalitas. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara penerapan metode Value Clarification Technique (VCT) dengan metode Konsiderasi terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD N Trangsan 03 Gatak dan hasil belajar PKn siswa melalui penerapan metode Value Clarification Tehnique ( VCT ) lebih baik dibandingkan dengan penerapan metode Konsiderasi. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas VA sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode Value Clarification Tehnique ( VCT ) adalah 78,32, sedangkan kelas VB yang menggunakan metode Konsiderasi memiliki nilai rata-rata 74,48. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan antara penerapan metode Value Clarification Technique (VCT) dengan metode Konsiderasi terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V dan hasil belajar PKn siswa kelas V dengan menggunakan metode Value Clarification Tehnique ( VCT ) lebih baik daripada penggunaan metode Konsiderasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar PKn, metode Value Clarification Tehnique ( VCT ), dan metode Konsiderasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Sep 2012 11:38
Last Modified: 11 Sep 2012 12:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19863

Actions (login required)

View Item View Item