Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial: Pelimpahan Wewenang Sebagai Variabel Moderating: (Studi Kasus pada Rumah Sakit Umum Daerah Banyudono di Kabupaten Boyolali)

Sulistyani, Mutia (2012) Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial: Pelimpahan Wewenang Sebagai Variabel Moderating: (Studi Kasus pada Rumah Sakit Umum Daerah Banyudono di Kabupaten Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publkasi)
Jurnal_Penelitian.pdf

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF (LAmpiran)
Lampiran-Lampiran.pdf

Download (62kB)

Abstract

Manajemen dengan struktur yang terdesentralisasi menghendaki para manajer bawahan diberikan pelimpahan wewenang dan tanggung jawab yang lebih besar dalam pengambilan keputusan. Hal ini dilakukan agar manajer pada tingkat yang lebih rendah dapat memperoleh informasi yang lebih luas tentang strategi dan kondisi perusahaan. Sedangkan partisipasi dalm penyusunan anggaran merupakan upaya pendekatan manajerial untuk meningkatkan kinerja setiap anggota manajemen. Di dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial dengan pelimpahan wewenang sebagai variabel moderating. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survey yang menggunakan kuesioner untuk memperoleh data. Variabel yang diteliti adalah partisipasi penyusunan anggaran sebagai variabel independen, kinerja manajerial sebagai variabel dependen, dan pelimpahan wewenang sebagai variabel moderating. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah karyawan Rumah Sakit Umum Daerah Banyudono di Boyolali. Sampel dalam penelitian adalah 35 karyawan RSUD Banyudono. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji- t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh positif terhadap kinerja manajer. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai p-value untuk variabel partisipasi (0,010) diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05); (2) Interaksi antara partisipasi penyusunan anggaran dengan pelimpahan wewenang berpengaruh positif terhadap kinerja manajer. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai p-value interaksi antara partisipasi dan pelimpahan wewenang (0,010) diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa pelimpahan wewenang merupakan variabel moderasi yang berpengaruh terhadap hubungan partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajer. Penambahan variabel pelimpahan wewenang semakin mempererat hubungan partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajer.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi penyusunan anggaran, kinerja manajerial, pelimpahan wewenang
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 11 Sep 2012 10:48
Last Modified: 11 Sep 2012 13:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19845

Actions (login required)

View Item View Item