Jayanti, Norma Wika (2012) Pengaruh Penerapan Strategi Student Team Achievement Divisions (Stad) Dengan Strategi Make A Match Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri 4 Selogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (221kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_SRIPSI.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB__II_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL.pdf Download (90kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menerapkan strategi Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan strategi Make a Match materi Pengelolaan Lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Selogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang membandingkan antara strategi pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dan strategi pembelajaran Make a Match. Parameter penelitian diukur dengan menggunakan aspek kognitif dan afektif. Sampel diambil secara purposive sampling yang terdiri dari 3 kelas yaitu VIIA, VIIB, dan VIIC. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan kedua strategi yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Student Team Achievement Divisions (80,60) dan rata- rata kelas yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Make a Match (73,6). Hasil analisis data bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai probabilitas 0.035 < 0.05 yaitu terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Student Team Achievement Divisions dan strategi pembelajaran Make a Match pada pokok materi Pengelolaan Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 4 Selogiri Tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Student Team Achievement Divisions, strategi Make a Match, purposive sampling |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Sep 2012 07:28 |
Last Modified: | 11 Sep 2012 07:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19828 |
Actions (login required)
View Item |