Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Padamateri Tumbuhan Paku Melalui Metode Student Team Achievement Division Bervariasi Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun 2011/201

Ismiyatun, Siti (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Padamateri Tumbuhan Paku Melalui Metode Student Team Achievement Division Bervariasi Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun 2011/201. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (655kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (504kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Metode STAD bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada materi tumbuhan paku pada siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi yang dilakukan dalam dua siklus melaui lembar observasi penilaian kognitif dari hasil post test dan lembar akfektif meliputi keaktiafan bertanya, berpendapat, memperhatikan pembelajaran dan menghargai pendapat orang lain yang dilakukan pada setiap siklus. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mengukur keberhasilan pembelajaran setelah dilakukan post-test dan penskoran aspek afektif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah rata-rata nilai kognitif dari 37 siswa siklus I mengalami kenaikan dari 71,62 atau 76% menjadi 80 atau 86% pada siklus II dan sudah dinyatakan tuntas diatas KKM (68) dengan target 80% kelulusan; sedangkan nilai afektif siklus I Nilai rata-rata perilaku afektif meningkat dari 61,75% menjadi 91% pada siklus II, penggunaan Metode STAD bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditinjau dari aspek kognitif dan aspek afektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: student team achievement division bervariasi, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Sep 2012 07:17
Last Modified: 11 Sep 2012 07:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19826

Actions (login required)

View Item View Item