Ismiyatun, Siti (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Padamateri Tumbuhan Paku Melalui Metode Student Team Achievement Division Bervariasi Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun 2011/201. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (655kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (105kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (504kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Metode STAD bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada materi tumbuhan paku pada siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi yang dilakukan dalam dua siklus melaui lembar observasi penilaian kognitif dari hasil post test dan lembar akfektif meliputi keaktiafan bertanya, berpendapat, memperhatikan pembelajaran dan menghargai pendapat orang lain yang dilakukan pada setiap siklus. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mengukur keberhasilan pembelajaran setelah dilakukan post-test dan penskoran aspek afektif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah rata-rata nilai kognitif dari 37 siswa siklus I mengalami kenaikan dari 71,62 atau 76% menjadi 80 atau 86% pada siklus II dan sudah dinyatakan tuntas diatas KKM (68) dengan target 80% kelulusan; sedangkan nilai afektif siklus I Nilai rata-rata perilaku afektif meningkat dari 61,75% menjadi 91% pada siklus II, penggunaan Metode STAD bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditinjau dari aspek kognitif dan aspek afektif.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | student team achievement division bervariasi, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Sep 2012 07:17 |
Last Modified: | 11 Sep 2012 07:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19826 |
Actions (login required)
View Item |