Peningkatan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Melalui Strategi Pembelajaran Out Door Pada Siswa Kelas VIIB SMP Al – Islam Kartasura Tahun 2011/2012

Hartanti, Jami Sri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Melalui Strategi Pembelajaran Out Door Pada Siswa Kelas VIIB SMP Al – Islam Kartasura Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (323kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (211kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem dengan strategi pembelajaran out door siswa SMP Al – Islam Kartasura tahun pelajaran 2011/ 2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan tindakan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan strategi pembelajaran out door yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatatis yaitu dengan menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar ( ranah kognitif ) mata pelajaran biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran biologi berlangsung (ranah afektif) antara peneliti dengan kolabator penelitian ini diawali dengan menyampaikan materi dengan strategi pembelajaran out door kemudian diakhiri dengan kesimpulan dan post test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian tindakan kelas adalah peningkatan prosentasi hasil belajar ( ranah kognitif ) siswa, banyaknya siswa memperoleh nilai ≥ 65 sebelum tindakan sebanyak 16 siswa ( 51.6% ), siklus I ranah kognitif menjadi 22 siswa ( 71 % ) ; rata – rata ranah afektif 11.9 ( termasuk kategori cukup berminat ). Pada siklus II ranah kognitif meningkat menjadi 26 siswa ( 83.9 % ); rata – rata ranah afektif meningkat menjadi 12.8 ( termasuk kategori berminat ). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan nilai kognitif ( 51.6% < 71% < 83.9% ) dan rata – rata nilai afektif ( 11.9 < 12.8 ) menunjukkan bahwa penerapan strategi dengan model pembelajaran out door dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIB SMP Al – Islam Kartasura.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Strategi pembelajaran out door
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Sep 2012 06:53
Last Modified: 11 Sep 2012 06:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19822

Actions (login required)

View Item View Item