Cholifah, Aniy (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Team Quiz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Gerak Pada Tumbuhan Siswa Kelas VIII G SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf Download (236kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (125kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa,pada materi Sistem Gerak Pada Tumbuhan melalui penerapan Team Quiz pada siswa kelas VIII G SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan Strategi Team Quiz yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode wawancara, metode observassi, metode tes, dan metode dokumentasi. Penelitian dilakukan dengan penilaian afektif dan kognitif dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus I meningkat menjadi 73,103 dari nilai awal sebesar 68,344; sedangkan nilai rata- rata afektif sebesar 12,24 (termasuk kategori cukup berminat). Nilai rata-rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 80,344 dari siklus I yang hanya 73,103; sedangkan nilai rata-rata afektif meningkat menjadi 14,51 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII G SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar (aspek kognitif dan aspek afektif), Strategi Team Quiz |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Sep 2012 06:30 |
Last Modified: | 11 Sep 2012 06:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19819 |
Actions (login required)
View Item |