Sudrajad, Wahyu (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write Menggunakan Media Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII F SMPN 2 Banyudono Kabupaten Boyolali Pada Materi Gerak Pada Tumbuhan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (252kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (75kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PENELITIAN_WAHYU_SUDRAJAD_(A420080014).pdf Download (558kB) |
Abstract
Banyak kalangan pelajar menganggap mengikuti pelajaran tidak lebih sekedar rutinitas untuk mengisi daftar absensi, mencari nilai, melewati jalan yang harus ditempuh, dan tanpa diiringi kesadaran untuk menambah wawasan atau mengasah ketrampilan. Dalam proses belajar mengajar guru mempunyai tugas untuk memilihstrategi pembelajaran berikut media yang tepat sesuai dengan materi yang disampaikan demi tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Biologi dan keaktifan siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Think Talk Write dengan media pembelajaran Macromedia Flash pada materi gerak pada tumbuhan pada siswa kelas VIII F SMPN 2 Banyudono kabupaten Boyolali tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write dengan media pembelajaran Macromedia Flash yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah: 1) Peningkatan keaktifan siswa dalam keberanian bertanya pada siklus II sebesar 54%, keberanian menjawab pertanyaan sebesar 49%, keberanian menanggapi pernyataan sebesar 41% dan partisipasi siswa sebesar 65%. 2) Peningkatan hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70 sebelum tindakan sebanyak 17 siswa (48%) dan yang mencapai nilai ≥70 sebanyak 31 siswa (91%) pada siklus II. Kesimpulam penelitian ini adalah: 1) Penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write dengan media Macromedia Flash dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII F SMP N 2 Banyudono tahun ajaran 2011/2012. 2) Penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write dengan media Macromedia Flash dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII F SMP N 2 Banyudono tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran think talk write, media macromedia flash |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Sep 2012 11:55 |
Last Modified: | 10 Sep 2012 11:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19809 |
Actions (login required)
View Item |