Sari, Watik Purnomo (2012) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Gondang Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (653kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar matematika; 2) Mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika; 3) Mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Sragen semester genap tahun ajaran 2011/2012. Sampel penelitian 89 siswa yang diambil secara acak dari seluruh siswa kelas kelas XI yang berjumlah 114 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji independensi. Hasil analisis disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda(uji t) diperoleh thitung = 3,897 > ttabel= 1,988 dan nilai signifikasi < 0,05, yaitu 0,000; 2) Ada pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda(uji t) diperoleh thitung = 4, 863> ttabel= 1,988 dan nilai signifikasi < 0,05, yaitu 0,000; 3) Ada pengaruh bersama – sama antara pola asuh orang tua dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda(uji t) diperoleh Fhitung = 24,014 > Ftabel= 3,103 dan nilai signifikasi < 0,05, yaitu 0,000. Prosentase sumbangan yang diberikan oleh pola asuh orang tua dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika adalah sebesar 35,8%, sumbangan efektifnya diperoleh pengaruh kedisiplinan belajar mendominasi terhadap peningkatan prestasi belajar matematika sebesar 21,2%. Sedangkan pola asuh orang tua sebesar 14,6%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kedisiplinan – belajar , prestasi – belajar , matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 07 Sep 2012 05:17 |
Last Modified: | 07 Sep 2012 05:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19771 |
Actions (login required)
View Item |