Persepsi Guru Matematika Terhadap Kurikulum Sekolah Syariah Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran (Studi kasus pada SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta tahun 2012)

Supriyanto, Agus (2012) Persepsi Guru Matematika Terhadap Kurikulum Sekolah Syariah Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran (Studi kasus pada SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta tahun 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (795kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (634kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan persepsi Guru Matematika terhadap Kurikulum Sekolah Syariah serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Informan adalah guru matematika SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Data dikumpulkan dengan menggunakan pendekatan first order understanding dan second order understanding melalui wawancara mendalam, angket dan observasi pembelajaran. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan second order understanding. Keabsahan data digunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian: 1) Kurikulum sekolah syariah merupakan suatu kurikulum hasil modifikasi kurikulum nasional (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dengan mensinergikan antara pengetahuan umum dan diniyyah (agama) yang menjadi pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran, 2) Bentuk pembelajaran dalam kurikulum sekolah syariah dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai syariah dalam materi semua mata pelajaran, tanpa penambahan mata pelajaran baru dengan kurikulum sekolah syariah. Hal ini karena selain untuk menjaga efisiensi waktu jam pelajaran disekolah, di setiap mata pelajaran pasti mempunyai ruang untuk dapat dimodifikasi dengan muatan syariah, 3) Manfaat dari adanya pencanangan kurikulum sekolah syariah, bagi siswa, dapat membawa perubahan pada siswa menuju kepada pemahaman islam yang lurus dan akhlak yang lebih baik serta adanya pembentukan generasi muslim Ulul Albab, 4) Implikasinya para guru dalam menyusun dan mengembangkan silabus dan RPP berpedoman pada kurikulum sekolah syariah dengan menambahkan kolom baru yang berisi kompetensi syariah (dalil naqli) untuk setiap materi. Selain itu guru juga memodifikasi buku dan media ajar yang ada sehingga dapat mendukung pembelajaran matematika syariah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Kurikulum Sekolah Syariah, Implikasi Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 06 Sep 2012 09:06
Last Modified: 06 Sep 2012 09:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19766

Actions (login required)

View Item View Item