Kumalasari, Yayuk (2012) Upaya Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Keep On Learning Dengan Pemberian Tugas Terstruktur (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 4 Purwodadi Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (38kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (147kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Keep on Learning dengan pemberian tugas terstruktur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua putaran. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 4 Purwodadi yang berjumlah 37 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah guru matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui strategi Keep on Learning dengan pemberian tugas terstruktur. Hal ini dapat dilihat dari: 1) siswa dalam mengajukan pertanyaan kepada guru atau kelompok yang presentasi meningkat dari 5,41% menjadi 37,84%, 2) siswa dalam menjawab pertanyaan atau mengerjakan soal didepan kelas meningkat dari 13,51% menjadi 56,76%, 3) siswa dalam mengemukakan pendapat dalam diskusi meningkat dari 2,7% menjadi 24,32%, 4) siswa dalam membuat kesimpulan materi baik secara individu maupun kelompok meningkat dari 5,41% menjadi 51,35%. Siswa yang tuntas belajar memenuhi KKM dengan nilai lebih dari sama dengan 65 meningkat dari 32,42% menjadi 78,38%. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Keep on Learning dengan pemberian tugas terstruktur dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | partisipasi, hasil belajar, keep on learning, tugas terstuktur. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 06 Sep 2012 07:04 |
Last Modified: | 06 Sep 2012 07:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19761 |
Actions (login required)
View Item |