Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT)( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII E SMP Negri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2011/2012)

Muslim, Rachmat Imam (2012) Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT)( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII E SMP Negri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hlaman_Depan.pdf

Download (441kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (465kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar matematika pada pokok bahasan lingkaran dengan menerapkan metode kooperatif tipe Teams Games Tournament. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali, yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur dimana meliputi pengumpulan data, pengujian data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian diproleh adanya peningkatan motivasi belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi belajar siswa meliputi: a) keberanian bertanya dan mengungkapkan ide sebelum tindakan 8.33% dan diakhir tindakan 72,22 %, b) antusias mengerjakan soal latian didepan kelas sebelum tindakan 11,11 % dan diakhir tindakan58,55%, c) aktif dalam kelompok diskusi sebelum tindakan 22,22% dan diakhir tindakan 80,55%. Kesimpulan penelitian ini adalah metode kooperatif tipe teams games tournament dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, metode kooperatif, teams games tournament
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 05 Sep 2012 04:57
Last Modified: 05 Sep 2012 05:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19739

Actions (login required)

View Item View Item