Wulandari, Indah (2012) Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Dan Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Tasikmadu Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, 2) pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, 3) pengaruh kemandirian belajar siswa dan kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmadu Kabupaten Karanganyar semester genap tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 194 siswa dengan mengambil sampel penelitian sebanyak 128 siswa yang diambil secara acak dari seluruh siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji keberartian, dan uji independensi. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1) kemandirian belajar siswa secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika, (2) kelengkapan fasilitas belajar secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika, (3) kemandirian belajar siswa dan kelengkapan fasilitas belajar secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika. Persentase sumbangan yang diberikan oleh kemandirian belajar dan kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika adalah sebesar 2,80%. Sumbangan efektif yang diberikan dari masing-masing variabel bebas yaitu kemandirian belajar siswa dan kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 2,79% dan 0,01%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian belajar siswa, kelengkapan fasilitas belajar, hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 04 Sep 2012 08:53 |
Last Modified: | 04 Sep 2012 08:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19734 |
Actions (login required)
View Item |