Nasikhin, Moh. Fuad (2012) Upaya Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran React Dengan Mengoptimalkan Alat Peraga (PTK di SMP N 3 Ngrambe-Ngawi Pada Pokok Bahasan Segitiga Kelas VII Tahun 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (296kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (337kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini: (1) Meningkatkan minat siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Ngrambe pada pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran REACT (2)Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Ngrambe pada pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran REACT. Penelitian ini termasuk pendekatan penelitian kualitatif yang dikelompokkan kedalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII C sebagai subyek pemberi tindakan dan siswa kelas VII C yang berjumlah 34 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pokok (observasi dan tes) dan metode bantu (catatan lapangan dan dokumentasi). Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat dan prestasi belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Ngrambe. Adanya peningkatan minat siswa dapat dilihat dari indikator-indikator yang meliputi : 1) minat dalam bertanya sebelum tindakan sebesar 8,82% dan diakhiri tindakan mencapai 38,24%, 2) minat dalam mengajukan ide atau gagasan sebelum tindakan sebesar 8,82% dan diakhiri tindakan mencapai 44,12%, 3) minat siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebesar 0% dan diakhiri tindakan mencapai 52,94%. Adapun peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mencapai Kritereria Ketuntasan Minimum (KKM) dari ketuntasan sekolah yaitu mencapai nilai ≥ 75 sebelum tindakan sebesar 35,29% dan diakhiri tindakan mencapai 94,12%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran REACT dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, Prestasi belajar, Strategi pembelajaran REACT |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 30 Aug 2012 09:36 |
Last Modified: | 30 Aug 2012 09:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19702 |
Actions (login required)
View Item |