Penerapan Strategi Quick On The Draw Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Komunikasi Siswa Pokok Bahasan Bangun Datar Segitiga (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Cepogo Tahun Ajaran 2011/2012)

Martani, Febriari Dwi (2012) Penerapan Strategi Quick On The Draw Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Komunikasi Siswa Pokok Bahasan Bangun Datar Segitiga (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Cepogo Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (743kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Quick On The Draw pada pokok bahasab bangun datar segitiga. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ). Penelitian ini yang bertindak sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Cepogo yang berjumlah 36 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah guru matematika bersama peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Tehnik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika dengan strategi Quick On The Draw. Peningkatan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika dapat dilihat dari: 1) kemampuan siswa dalam bekerjasama antar kelompok dalam mengerjakan soal sebelum dilakukan tindakan sebesar 30.55%, pada akhir tindakan mencapai 74.29%, 2) kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil jawaban ke depan kelas sebelum dilakukan tindakan 8.33%, pada akhir tindakan mencapai 71.43%, 3) kemampuan siswa dalam memberi tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum tindakan sebesar 13.89%, pada akhir tindakan mencapai 68.57%, 4) kemampuan siswa dalam mengerjakan soal individu sebelum tindakan sebesar 30.55%, pada akhir tindakan mencapai 60%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Quick On The Draw dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan komunikasi siswa pada pokok bahasan bangun datar segitiga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, quick on the draw
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 30 Aug 2012 06:08
Last Modified: 30 Aug 2012 06:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19696

Actions (login required)

View Item View Item