Peningkatan Komunikasi Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction Dengan Mengoptimalkan Alat Peraga Pokok Bahasan Segi Empat (PTK Siswa Kelas VII Semester II di SMP N 2 Banyudono Boyolali)

Ardianto, Dony (2012) Peningkatan Komunikasi Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction Dengan Mengoptimalkan Alat Peraga Pokok Bahasan Segi Empat (PTK Siswa Kelas VII Semester II di SMP N 2 Banyudono Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (615kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Banyudono dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Problem Based Instruction dengan mengoptimalkan alat peraga pokok bahasan segi empat. Penelitian ini termasuk pada jenis PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek dalam penelitian ini adalah guru dengan siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Banyudono. Siswa sebagai penerima tindakan berjumlah 37 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur, yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan segi empat. Hal ini dapat terlihat dari 1) kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 24,32% dan diakhir tindakan mencapai 59,45%, 2) keberanian siswa dalam menyampaikan ide atau pendapat sebelum tindakan 16,21% dan diakhir tindakan mencapai 56,76%, 3) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 21,62% dan diakhir tindakan mencapai 51,35%, 4) kemampuan siswa dalam melakukan presentasi di depan kelas sebelum tindakan 13,51% dan diakhir tindakan mencapai 51,35%. Berdasarkan data hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction dengan mengoptimalkan alat peraga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Instruction, Kemampuan Komunikasi Matematika, Alat Peraga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 27 Aug 2012 06:40
Last Modified: 27 Aug 2012 06:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19641

Actions (login required)

View Item View Item