Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Orientasi Masa Depan terhadap Minat Melanjutkan Sekolah ke Jenjang Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Sumberlawang Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012

Sugiyanti, Iis (2012) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Orientasi Masa Depan terhadap Minat Melanjutkan Sekolah ke Jenjang Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Sumberlawang Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (772kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (339kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi. 2) pengaruh orientasi masa depan terhadap minat melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi. 3) pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan orientasi masa depan terhadap minat melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Sumberlawang Kabupaten Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sumbelawang Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012 yang keseluruhan berjumlah 190 orang siswa. Sampel diambil sebanyak 32 orang siswa dengan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,052 > 2,045; 2) orientasi masa depan berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,669 > 2,045; 3) status sosial ekonomi orang tua dan orientasi masa depan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan sekolah ke jenjang Perguruan Tinggi; 4) Status sosial ekonomi orang tua memberikan sumbangan efektif sebesar 27,25%, sedangkan orientasi masa depan memberikan sumbangan efektif sebesar 22,60%. Dari perbandingan besarnya sumbangan efektif nampak bahwa variabel status sosial ekonomi orang tua memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap minat melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi dibandingkan variabel orientasi masa depan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: status sosial ekonomi, orientasi masa depan, dan minat melanjutkan sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 14 Aug 2012 05:46
Last Modified: 14 Aug 2012 05:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19600

Actions (login required)

View Item View Item