Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Guided Discovery Learninguntuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Daftar (Ptk Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Sawit Tahunajaran 2011/2012)

WULANDARI , EMA (2012) Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Guided Discovery Learninguntuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Daftar (Ptk Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Sawit Tahunajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
HAL_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (679kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Guided Discovery Learning. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Sawit yang berjumlah 23 siswa, sedangkan obyek penelitian ini adalah peningkatan pemahaman konsep siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator pemahaman konsep matematika: (a) Siswa mampu menyebutkan ciri, sifat, dan faktor – faktor yang mendukung konsep yaitu sebelum tindakan (21,74%) dan setelah tindakan (78,26%), (b) Siswa mampu menghubungkan konsep tersebut dengan konsep lain yang berhubungan. Sebelum tindakan sebanyak (17,39%) dan setelah tindakan 60,87%, (c) Siswa mampu membuat kesimpulan sebelum tindakan sebanyak (26,09%) dan setelah tindakan (82,61%), (d) Siswa mampu memberikan contoh dari suatu konsep. Sebelum tindakan sebanyak (26,09%) dan setelah tindakan (65,23%).Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika melalui pendekatan Guided Discovery Learningdapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guided Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2012 11:06
Last Modified: 10 Aug 2012 11:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19572

Actions (login required)

View Item View Item