Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Metode Conceptual Understanding Procedures (Cups) (Ptk Pada Siswa Kelas Vii Smpn 3 Warureja Tahun Ajaran 2011/2012)

Nurcahyani, Devi (2012) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Metode Conceptual Understanding Procedures (Cups) (Ptk Pada Siswa Kelas Vii Smpn 3 Warureja Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (314kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika siswa melalui metode Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII SMP Negeri 3 Warureja sebagai pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas VIIB yang berjumlah 35 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data melalui metode tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Hal ini dapat dilihat dari: 1) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal secara tepat sebelum tindakan 25,71% menjadi 74,28%, 2) kemampuan siswa dalam menerapkan konsep secara tepat sebelum tindakan 22,85% menjadi 71,4%, 3) kemampuan siswa dalam menanggapi jawaban siswa lain sebelum tindakan 14,28% menjadi 51,42%, 4) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan sebelum tindakan 20% menjadi 62,85%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, Conceptual Understanding Procedures (CUPs)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 06 Aug 2012 10:59
Last Modified: 06 Aug 2012 12:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19478

Actions (login required)

View Item View Item