Penerapan Strategi Pembelajaran Kolaborasi Card Sort Dengan Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Dalam Proses Pembelajaran PKN Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Dan Ideologi Negara Pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Andong Kabupaten Boyolali Tahun 2011

Retnowati , Kartika (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Kolaborasi Card Sort Dengan Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Dalam Proses Pembelajaran PKN Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Dan Ideologi Negara Pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Andong Kabupaten Boyolali Tahun 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (707kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Karya_iLMIAH.pdf

Download (376kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dalam proses pembelajaran PKn materi Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara pada siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 10 Andong Boyolali tahun 2011 melalui penerapan strategi pembelajaran kolaborasi Card Sort dengan Team Quiz. subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 10 Andong Boyolali yang berjumlah 25 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknih pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi ,wawancara dan angket (kuesioner). Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, yang kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara maupun angket. Prosedur dalam penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus. Diharapkan minat belasjar siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara mengalami peningkatan sebesar 75% dari 25 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara di kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 10 Andong Boyolali tahun 2011 sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu siswa yang minat mengikuti pelajaran sebanyak 6 siswa (24%). Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran kolaborasi Card Sort dengan Team Quiz pada proses pembelajaran PKn materi Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara diperoleh hasil yaitu siklus I minat belajar siswa meningkat menjadi 12 siswa (48%), siklus II meningkat menjadi 19 siswa (76%). Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga melalui Penerapan Strategi Pembelajaran kolaborasi Card Sort dengan Team Quiz dapat Meningkatkan Minat belajar dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara pada siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 10 Andong Kabupaten Boyolali tahun 2011”. terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran kolaborasi, Card Sort dengan Team Quiz, Minat Belajar Siswa, Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 06 Aug 2012 09:58
Last Modified: 06 Aug 2012 10:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19464

Actions (login required)

View Item View Item