Pengaruh Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) Dan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa (Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri I Ngadirojo)

Purwanto, Purwanto (2012) Pengaruh Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) Dan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa (Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri I Ngadirojo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (664kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika melalui pengajaran dengan strategi pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dan kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament); 2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada sub pokok bahasan persegi dan persegi panjang; dan 3) untuk mengetahui interaksi antara strategi mengajar dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar pada sub pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngadirojo tahun ajaran 2011/2012. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 52 siswa, yang terdiri dari 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan 26 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa,ini berarti bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)lebih baik daripada pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR), (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar,ini berarti bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa, maka semakin baik prestasi yang dicapai dan sebaliknya semakin rendah motivasi belajar siswa, maka semakin rendah pula prestasi belajarnya, (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 04 Aug 2012 05:24
Last Modified: 04 Aug 2012 05:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19437

Actions (login required)

View Item View Item