Rahmawati, Arum Dwi (2012) Strategi Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika (Studi Kasus di SMP Negeri 3 Ngrambe Kabupaten Ngawi). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (608kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (171kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (493kB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan (1) strategi penerapan pendidikan karakter dalam perencanaan pembelajaran matematika (2) strategi penerapan pendidikan karakter dalam pelaksanaan pembelajaran matematika (3) strategi penerapan pendidikan karakter dalam evaluasi pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Guru dan siswa sebagai informan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian (1) Strategi penerapan pendidikan karakter dalam perencanaan pembelajaran matematika dilakukan dengan mencantumkan karakter pada kolom keterangan karakter yang diharapkan, sedangkan pada RPP diterapkan pada setiap kegiatan pembelajaran matematika, (2) Strategi penerapan pendidikan karakter dalam pelaksanaan meliputi strategi penerapan pendidikan karakter dalam kegiatan pendahuluan siswa disiplin masuk kelas, strategi penerapan pendidikan karakter dalam kegiatan inti dilakukan dengan diskusi kelompok pada materi lingkaran siswa dituntut berfikir logis dan bernalar dengan membuat alat peraga. Pada kegiatan penutup strategi penerapan pendidikan karakter dilakukan dengan pemberian tugas pengamatan pada materi balok untuk melatih ketelitian siswa, (3) Strategi penerapan pendidikan karakter dalam evaluasi pembelajaran matematika dilakukan dengan pemberian teguran dan sangsi saat ada ujian atau ulangan untuk melatih kejujuran siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, karakter, Perencanaan, pelaksanaan, evaluasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 03 Aug 2012 06:12 |
Last Modified: | 03 Aug 2012 06:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19428 |
Actions (login required)
View Item |