Wibowo, Andri Wahyu (2012) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika (PTK di Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Jatiyoso Tahun 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (619kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (157kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (308kB) |
Abstract
Tujuan penelitian, untuk mendiskripsikan peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan yaitu siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Jatiyoso yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi penyidik. Hasil penelitian terdapat peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan dan hasil belajar matematika meliputi:1) antusias menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan 39,28%, putaran I 60,71%, dan putaran II 77,77%, 2) antusias mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 10,71%, putaran I 21,42% dan putaran II 40,74%, 3) antusias mengemukakan pendapat sebelum tindakan 7,14%, putaran I 14,28%, dan putaran II 25,92%, 4) antusias mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan 14,28%, putaran I 25%, dan putaran II 44,44%, 5) Nilai ≥ KKM sebelum tindakan 71,42%, putaran I 82,14%, dan putaran II 92,59%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, hasil belajar, Quick, Draw |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 01 Aug 2012 09:23 |
Last Modified: | 01 Aug 2012 09:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19397 |
Actions (login required)
View Item |