Muatan Dan Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Pkn Pada Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012 (Studi Kasus di MTs Muhammadiyah Trucuk Kab. Klaten)

Haris, Ahmad (2012) Muatan Dan Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Pkn Pada Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012 (Studi Kasus di MTs Muhammadiyah Trucuk Kab. Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (374kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (311kB)

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran pendidikan karakter siswa dan menjelaskan mengapa implementasi pendidikan karakter itu penting bagi sekolah menengah pertama atau MTs. Subjek pelaksanaan tindakan adalah Ibu. Iswarni selaku guru dan siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Trucuk yang bejumlah 41 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat tiga tahap, yaitu reduksi data, sajian data, penarikan simpulan dan verifikasi. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa muatan dan implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Trucuk, muatan materi pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn antara lain: dapat dipercaya, rasa hormat, rasa perhatian, tekun, jujur, kewarganegaraan, tanggung jawab, berani, ketulusan dan integritas, implementasi guru terhadap siswa diketahui masih kurang maksimal guru belum mempertegas pesan karakter yang terkandung dalam materi yang diajarkan, solusi dari permasalahan tersebut, guru harus mempersiapkan siswa terlebih dahulu pada saat akan memulai kegiatan pembelajaran dengan memperjelas SK, KD serta pesan pendidikan karakter yang terkandung dalam sub materi yang akan di ajarkan. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator kinerja. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa muatan dan implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran PKn ialah dapat dipercaya, rasa hormat, rasa perhatian, tekun, jujur, kewarganegaraan, tanggung jawab, berani, ketulusan dan integritas. Saran kepada guru hendaknya memperhatikan pesan moral yang terkandung dalam setiap materi PKn.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: muatan dan implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran PKn.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 31 Jul 2012 07:47
Last Modified: 31 Jul 2012 07:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19383

Actions (login required)

View Item View Item