Nilai-Nilai Edukatif Dalam Novel Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Sosiologi Sastra

Istariyah, Anis (2012) Nilai-Nilai Edukatif Dalam Novel Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Sosiologi Sastra. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan struktur pembangun novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi, (2) memaparkan nilai edukatif yang terdapat dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi ditinjau dari sosiologi sastra. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai edukatif novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi. Data dalam penelitian ini berupa kata, frase, klausa, kalimat, dan wacana yang terdapat dalam novel Ranah 3 Warna. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi . Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka dan catat. Teknik validitas data yang digunakan adalah teknik trianggulasi teoritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data secara dialektika. Berdasarkan analisis struktural terhadap novel Ranah 3 Warna dapat diperoleh tema dalam novel adalah perjuangan dan kegigihan dalam mewujudkan cita-cita. Penokohan dalam novel ini adalah Alif Fikri, Randai, Raisa, Rusdi, dan Franc. Alur yang digunakan dalam novel penelitian ini adalah alur maju (progresif). Latar tempat dalam novel Ranah 3 Warna adalah di Maninjau, Sumatra Barat, Jawa Barat, Yordania, dan Kanada. sedangkan latar waktu dalam novel ini terjadi pada tahun 1992 --2008. Latar sosial dalam penelitian ini adalah latar sosial kehidupan keluarga yang sederhana Analisis terhadap novel Ranah 3 Warna dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra terdapat nilai-nilai edukatif yang menonjol diantaranya adalah nilai cinta berupa cinta kepada keluarga dan kepada sesama. Nilai penghargaan ditunjukkan oleh penghargaan yang Alif dapat karena sikap baiknya terhadap teman-temannya, nilai tanggung jawab ditunjukkan oleh sikap Alif yang bertanggung jawab terhadap pendidikannya dan keluarganya, walaupun ia bekerja tetapi ia membuktikan nilai kuliahnya tetap tinggi. Nilai kesabaran ditunjukkan oleh sikap Alif saat ia sabar dalam menghadapi segala rintangan yang datang. Nilai kesederhanaan ditunjukkan oleh sikap Alif yang berusaha keras menghemat uang makan demi kelangsungan hidupnya selama di Bandung. Nilai kebahagiaan tampak pada sikap Alif yang ditunjukkan saat satu persatu keinginan dan impian yang didamba oleh Alif sejak lama akhirnya dapat tercapai secara perlahan-lahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sosiologi Sastra dan Nilai-nilai Edukatif
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Jul 2012 07:06
Last Modified: 28 Jul 2012 07:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19362

Actions (login required)

View Item View Item