Pengaruh Model Pembelajaran Beyond Center Circle Time Sentra Alam Terhadap Perilaku Sosial Anak Pada Play Group Intan Permata MakamHaji Sukoharjo

Chiara Prasetyaningsih, Merry (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Beyond Center Circle Time Sentra Alam Terhadap Perilaku Sosial Anak Pada Play Group Intan Permata MakamHaji Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (754kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (613kB)

Abstract

Perkembangan perilaku sosial anak usia dini perlu diterapkan pada anak sejak dini, oleh karena itu pembelajarannya yang harus dikemas secara menarik dan menyenangkan. Salah satunya adalah pendekatan pembelajaran yang dapat mempengaruhi perkembangan sosial anak adalah pendekatan pembelajaran BCCT khususnya disentra Alam. Penelitian untuk pengembangan perilaku sosial anak kelompok Play Group Intan Permata MakamHaji Sukoharjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menerangkan tentang pembelajaran BCCT di Play Group Intan Permata MakamHaji Sukoharjo. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok Play Group tahun ajaran 2012. penelitian ini lebih memfokuskan pada kelompok Play Group yang berjumlah 16 peserta didik. Data dikumpulkan melalui Observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan BCCT di Play Group Intan Permata khususnya sentra Alam mendapatkan nilai baik sekali. Model pembelajaran yang di terapkan di intan permata sangat mempunyai peranan yang sangat cukup penting dalam perilaku sosial anak, hal ini dapat dilihat dalam penilaian perilaku sosial anak yang mendapatkan nilai dalam kegiatan observasi pertama jumlah secara kelompok anak mendapat nilai 1,9 (1,6 – 2,5) kurang baik, kemudian pada saat observasi kedua jumlah secara kelompok anak mendapatkan nilai 3 (2,6 – 3,5) baik, dan saat observasi terakhir peserta didik mendapatkan nilai 3,8 (3,6 – 4 ) baik sekali.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran ,Beyond Center Circle Time Sentra Alam, Perilaku Sosial Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 27 Jul 2012 10:54
Last Modified: 21 Nov 2019 06:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19349

Actions (login required)

View Item View Item