Widowati, Kurnia (2012) Pengaruh Sertifikasi Dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru Di Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (759kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran_.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (353kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh Sertifikasi terhadap Kinerja Guru di Kecamatan Wirosari Kab. Grobogan. 2) pengaruh Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru di Kecamatan Wirosari Kab. Grobogan. 3) pengaruh Sertifikasi terhadap Sertifikasi dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru di Kecamatan Wirosari Kab. Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SD yang bersertifikat di Kec. Wirosari, Kab. Grobogan yang terdiri dari 74 guru yang bersetifikat, sampel diambil sebanyak 54 orang guru. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Sertifikasi berpengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja guru. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,251 > 2,008 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,002. 2) Profesionalisme guru berpengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja guru. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,940 > 2,008 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Sertifikasi dan profesionalisme guru secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 22,350 > 3,179 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel sertifikasi memberikan sumbangan efektif 20,2%. Variabel profesionalisme guru memberikan sumbangan efektif 26,5%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 46,7%, sedangkan 53,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sertifikasi, profesionalisme guru dan kinerja guru. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 27 Jul 2012 06:42 |
Last Modified: | 27 Jul 2012 06:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19338 |
Actions (login required)
View Item |