Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pilangsari 1 Sragen Tahun Ajaran 2011/2012

Marganingsih, Vikha Candra (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pilangsari 1 Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (543kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB__I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (119kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri Pilangsari 1 Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen dalam menulis puisi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subyek penelitian adalah siswa dan guru kelas V SD Negeri Pilangsari 1. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, analisis dokumen, tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif. Hasil penelitian ini adalah (1) adanya peningkatan rata –rata nilai yang diperoleh siswa. Pada tes awal 49,3; kemudian pada siklus pertama 62,16; pada siklus kedua menjadi 72,46; menjadi 80,62 pada siklus ketiga (2) Adanya peningkatan presentasi ketuntasan belajar siswa yang pada tes awal hanya 0%; pada siklus pertama 30%; pada siklus kedua menjadi 50%; kemudian pada siklus ketiga menjadi 90%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing mampu meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri Pilangsari 1 Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2012 09:50
Last Modified: 26 Jul 2012 09:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19326

Actions (login required)

View Item View Item