Hartati, Sri (2012) Penerapan Strategi Poster Session Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pacing Tahun 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (268kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (106kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (84kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (915kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (201kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn kelasV SD Negeri Pacing Tahun 2011/2012 melalui penerapan strategi pembelajaran Poster Session pada materi pokok berorganisasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD N Pacing. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua (2) siklus. Hasil penelitian sebelum pelaksanaan siklus diperoleh hasil bahwa sebesar 48,00% (12 siswa) mendapat nilai ≥65 (KKM) dari 25 siswa. Dalam pelaksanaan siklus I hasil belajar aspek kognitif siswa meningkat menjadi 64,00% (16 siswa) dari 25 siswa, sedangkan dalam aspek afektif sebesar 68,00% (17 siswa) menunjukkan kesiapan dalam menerima pelajaran, 72,00% (18 siswa) menunjukkan kedisiplinan dalam proses pembelajaran, 60,00% (15 siswa) menunjukkan keaktifan dalam bertanya, 68,00% (17 siswa) menunjukkan keaktifan dalam menjawab pertanyaan, 56,00% (14 siswa) menunjukkan keaktifan dalam berpendapat. Pada pelaksanaan siklus II hasil belajar aspek kognitif siswa mengalami peningkatan sebesar 18,52% dari siklus I menjadi 88,00% (22 siswa) dari 25 siswa. Aspek afektif juga mengalami peningkatan pada pelaksanaan siklus II ini, yaitu siswa yang menunjukkan kesiapan dalam menerima pelajaran meningkat sebesar 24,00% menjadi 92,00% (23 siswa), kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran meningkat sebesar 20,00% menjadi 92% (23 siswa), keaktifan siswa dalam bertanya meningkat sebesar 20,00% menjadi 80,00% (20 siswa), keaktifan dalam menjawab meningkat sebesar 18,52% menjadi 96,00% (24 siswa), keaktifan siswa dalam berpendapat meningkat sebesar 24,00% menjadi 80,00% (20 siswa). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Poster Session dapat meningkatkan hasil belajar PKn kelas V SD Negeri Pacing Tahun 2011/2012
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran poster session, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 26 Jul 2012 06:55 |
Last Modified: | 26 Jul 2012 06:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19321 |
Actions (login required)
View Item |