Pemanfaatan Ampas Teh Dan Ampas Kopi Sebagai Penambah Nutrisi Pada Pertumbuhan Tanaman Tomat (Solanum Lycopersicum) Dengan Media Hidroponik

Adikasari, Ria (2012) Pemanfaatan Ampas Teh Dan Ampas Kopi Sebagai Penambah Nutrisi Pada Pertumbuhan Tanaman Tomat (Solanum Lycopersicum) Dengan Media Hidroponik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (617kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (811kB)

Abstract

Ampas teh dan ampas kopi merupakan limbah rumah tangga dan industri kuliner yang sudah tidak digunakan lagi, tetapi limbah ini dapat dimanfaatkan sebagai pupuk atau tambahan nutrisi untuk tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan ampas teh dan ampas kopi sebagai penambah nutrisi pada pertumbuhan tanaman tomat (Solanum lycopersicum) dengan media hidroponik. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Green House Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari satu faktor dengan empat perlakuan yaitu air 300 mL tanpa ampas teh dan ampas kopi sebagai kontrol (P0), air 300 mL dengan 3 gram ampas teh (P1), air 300 mL dengan 3 gram ampas kopi (P2) dan air 300 mL dengan 3 gram campuran ampas teh dan ampas kopi masing- masing 1,5 gram untuk (P3), masing perlakuan diberi 3 ulangan. Data yang diperoleh dianalisis dengan Anava Satu Jalur. Parameter penelitian adalah tinggi tanaman tomat (Solanum lycopersicum) selama satu bulan. Hasil penelitian msenunjukkan bahwa tinggi tanaman yang paling baik adalah pada tanaman dengan 300 mL air ditambah 3 gram campuran ampas teh dan ampas kopi dengan tinggi rata- rata 14,00 cm. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ampas teh dan ampas kopi dapat dimanfaatkan sebagai penambah nutrisi pada pertumbuhan tanaman tomat (Solanum lycopersicum) dengan media hidroponik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan, Ampas Teh, Ampas Kopi, Hidroponik, Tomat (Solanum lycopersicum), Nutrisi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 25 Jul 2012 11:27
Last Modified: 18 Nov 2019 06:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19313

Actions (login required)

View Item View Item