Idayati, Idayati (2012) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle ‘5E’ Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Fotosintesis Pada Kelas VIII F SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN_.pdf Download (845kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II_.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III_.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV_.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V_.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA_.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (105kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran kelas VIII F SMP Negeri 2 Colomadu yang terdapat kelemahan antara lain: proses pembelajaran masih berpusat pada guru sebagai sumber utama pengetahuan, siswa ramai, siswa tidak memperhatika, dan siswa tidak berani berpendapat. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fotosintesis melalui model pembelajaran Learning Cycle ‘5E’ pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Colomadu tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 2 Colomadu dengan subyek siswa kelas VIII F. Adapun yang menjadi obyek penelitian adalah Learning Cycle ‘5E’ pada materi fotosintesis. Proses penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang meliputi lima tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa pada siklus I dan siklus II dilengkapi dengan analisis rata-rata nilai kognitif, nilai afektif, dan nilai psikomotorik siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, ranah kognitif = 70,97 atau meningkat sebesar 18,06 dari nilai awal; ranah perilaku afektif = 13,03 (sangat baik); dan ranah psikomotorik= 12,21 (sanga berminat). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II, ranah kognitif= 80,18 (berhasil) atau meningkat sebesar 9,21 dari siklus I; ranah afektif = 15,03 (sangat baik) atau meningkat sebesar 2 dari siklus I; ranah psikomotorik = 14,97 (sangat berminat) atau meningkt sebesar 2,76 dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle ‘5E’ dapat memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar Biologi pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Colomadu tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, model pembelajaran learning cycle ‘5e’, fotosintesis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 25 Jul 2012 09:28 |
Last Modified: | 25 Jul 2012 09:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19308 |
Actions (login required)
View Item |