Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII MTS Al Irsyad Ngawi Tahun Ajaran 2011/2012

Yuliyatun, Yuliyatun (2012) Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII MTS Al Irsyad Ngawi Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img]
Preview
PDF
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (155kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Ngawi. 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Ngawi. 3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Ngawi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di MTs Al Irsyad Ngawi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Ngawi Tahun pelajaran 2011/2012 berjumlah 132 siswa. Sampel diambil sebanyak 95 orang siswa dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan dari penelitian ini 1) Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi Y= 31,490+0,575X1+0,702X2. 2) Ada pengaruh yang signifikan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Ngawi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 7,053 > 1,986 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Ngawi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 8,943 > 1,986 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Ada pengaruh yang signifikan lingkungan sosial dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Ngawi. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 75,887 > 3,095 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Variabel lingkungan sosial memberikan sumbangan efektif 24,8%. Variabel motivasi belajar sumbangan efektif 37,46%. 5) Koefisien determinasi atau R2 adalah 0,623 Sehingga total efektif kedua variabel sebesar 62,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lingkungan sosial, motivasi belajar dan prestasi belajar ekonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 21 Jul 2012 06:07
Last Modified: 21 Jul 2012 06:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19252

Actions (login required)

View Item View Item