Peningkatan Kemampuan Mengembangkan Paragraf Melalui Penggunaan Media Gambar Foto Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III SDN IV Genukharjo, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012

Rohmat, Havid Nur (2012) Peningkatan Kemampuan Mengembangkan Paragraf Melalui Penggunaan Media Gambar Foto Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III SDN IV Genukharjo, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (898kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (217kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengembangkan paragraf siswa pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar foto pada siswa kelas III SD Negeri IV Genukharjo, Wuryantoro, Wonogiri tahun 2011/2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebagai samplingnya adalah siswa kelas III SD Negeri IV Genukharjo, Wuryantoro, Wonogiri yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik komparatif yaitu membandingkan hasil antar siklus. Hasil analisis berupa pemaparan gambaran mengenai situasi yang diteliti dalam bentuk uraian naratif. Pada intinya data dikumpulkan setelah semua peristiwa yang diperhatikan terjadi. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mengembangkan paragraf dengan menggunakan media gambar foto dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengembangkan paragraf. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata pada tiap siklus sudah mengalami peningkatan. Pada pra siklus rata-rata dari 24 siswa adalah 61,75%. Pada siklus I, pertemuan I nilai rata-rata siswa mencapai 63,17%. Pertemuan ke II nilai rata-rata siswa mencapai 64,42%. Pada siklus I ini terdapat peningkatan kemampuan siswa siswa dibanding dengan waktu Pra Siklus. Kemudian pada siklus II, pertemuan I nilai rata-rata siswa meningkat lagi yaitu menjadi 68,75%. Dan Pertemuan ke II nilai rata-rata siswa meningkat lebih baik lagi yaitu 78,04%. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa penggunaan media gambar foto dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengembangkan paragraf pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SD N IV Genukharjo, Wuryantoro, Wonogiri tahun 2011/2012

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, mengembangkan paragraf, media gambar foto
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 19 Jul 2012 06:54
Last Modified: 19 Jul 2012 06:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19230

Actions (login required)

View Item View Item