LESTARI, IKMALA YUNITA (2012) Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Media Kartu Gambar (Flash Card) Pada Kelompok B Di Ra Barokah Klodran Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_depan.pdf Download (196kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
03._Bab_1.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
04._Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab III)
05._Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab V)
07._Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (125kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak dengan menggunakan media kartu gambar (flash card). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas rangkaian empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus berulang. Empat kegiatan utama yang ada pada setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data tentang penguasaan kosakata (vocabulary) bahasa Inggris pada anak yang diambil melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan test. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B dan guru RA Barokah Klodran Colomadu Karanganyar. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak melalui media kartu gambar (flash card). Berdasarkan hasil penelitian tindakan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak melalui media kartu gambar (flash card). Peningkatan tersebut yaitu pada siklus I mencapai rata-rata penilaian anak 61,94% dengan peningkatan dari prasiklus sebesar 12,50%. Pada siklus II mencapai rata-rata penilaian anak 77,22% dengan peningkatan mencapai 15,28%. Dan siklus III mencapai rata-rata penilaian anak 86,94% dengan peningkatan mencapai 9,72%. Hal ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Inggris anak dalam satu kelas sebelum tindakan 49,44%, siklus I mencapai 61,94%, siklus II mencapai 77,22%, dan siklus III mencapai 86,94%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media kartu gambar (flash card) dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa inggris anak kelompok B di RA Barokah klodran Colomadu Karanganyar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kosakata, flash card |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 18 Jul 2012 11:57 |
Last Modified: | 18 Jul 2012 11:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19227 |
Actions (login required)
View Item |