Pengaruh Minat Menjadi Guru Akuntansi Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009/2010 Universitas Muhammadiyah Surakarta

Johanda, Amin (2012) Pengaruh Minat Menjadi Guru Akuntansi Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009/2010 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan_Skripsi.pdf

Download (497kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (110kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh minat menjadi guru akuntansi terhadap prestasi belajar, 2) pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar, 3) pengaruh antara minat menjadi guru akuntansi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi FKIP Akuntansi UMS angkatan 2009. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2009 program pendidikan akuntansi FKIP UMS sebanyak 235 mahasiswa. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 80 mahasiswa yang diambil dengan teknik Probability Sampling yaitu dengan Simple Random Sampling yang dilakukan dengan cara undian. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 1,552 + 0,014.X1 + 0,013.X2 yang artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh minat menjadi guru akuntansi dan kebiasaan belajar. Kesimpulan yang diperoleh adalah: (1) minat menjadi guru akuntansi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP Akuntansi UMS. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X1 = 4,204 > dari ttabel (1,991) pada taraf signifikansi 5%. (2) kebiasaan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiwa FKIP Akuntansi UMS. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X2 = 4,045 > ttabel (1,991) pada taraf signifikansi 5%. (3) minat menjadi guru akuntansi secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP Akuntansi UMS. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 36,138 > Ftabel (3,11) pada taraf signifikansi 5%. (4) Hasil uji koefisien determinasi memperoleh nilai R2 sebesar 0,484, ini berarti 48,4% prestasi belajar dipengaruhi oleh variabel minat menjadi guru dan kebiasaan belajar akuntansi. Sisanya sebesar 51,6% dijelaskan oleh variabel lain, misalnya lingkungan pendidikan, kreativitas belajar dan lain-lain.(5) Hasil perhitungan sumbangan efektif menunjukkan bahwa kontribusi minat menjadi guru akuntansi terhadap prestasi belajar adalah sebesar 24,8%, sedangkan kebiasaan belajar memberikan kontribusi sebesar 23,6%, sehingga total sumbangan efektif minat menjadi guru akuntansi dan kebiasaan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa FKIP Akuntansi UMS adalah sebesar 48,4%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat menjadi guru akuntansi, kebiasaan belajar, prestasi belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jul 2012 07:24
Last Modified: 18 Jul 2012 07:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19208

Actions (login required)

View Item View Item